Today Visitor : 34 users
Total Visitor : 272544 users
Lastupdate : 11-12-2017

Contact Online

  • Office 2
  • Marketing
  • Office 1

Potensi

 

Potensi Pasar Kalsel dan Radio :
 
Potensi Daerah Kal Sel                  
                           
 
Sektor Perikanan dan Kelautan: Potensi Yang Menggiurkan
Potensi di sektor perikanan dan kelautan Kalimantan Selatan (Kalsel) boleh dibilang berlimpah dan akan menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bila digarap maksimal, apalagi dilengkapi dengan sentuhan tehnologi canggih. 
  • PEMBANGUNAN SEKTOR PETERNAKAN.
Sektor peternakan merupakan salah satu potensi Kalimantan Selatan yang terus didorong untuk dikembangkan guna memberikan kontribusi bagi sektor perekonomian di daerah ini. Kebijaksananan pembangunan dan pengembangan sub sektor ini tentu saja tetap bertitik tolak pada Agenda dan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2005-2010 yang telah ditetapkan yaitu “Revitalisasi Pertanian” dan arahan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Kalimantan Selatan dengan memperhatikan lingkungan strategik regional menuju Kalimantan Selatan yang TERSENYUM (Tertib, Sejuk, Nyaman, Unggul dan Maju).
Sesuai dengan potensi dan kondisi daerah, Provinsi Kalimantan Selatan sampai saat ini masih mengandalkan sektor pertanian sebagai penopang perekonomian daerah, karena kontribusi sektor pertanian terhadap perekonomian regional  masih yang terbesar dibandingkan dengan sektor lain.  Kontribusi sektor pertanian terhadap total PDRB Kalimantan Selatan Atas Dasar Harga Berlaku pada tahun 2006 sebesar 22,77%, diantaranya sebesar 1,64%    berasal dari sub sektor peternakan.
 
Sektor Pertambangan
 
Sektor pertambangan menyumbang sekitar 17,56 % dari Produk Domestik Bruto Propinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2003. Batubara merupakan produk pertambangan andalan yang menarik bagi investor dan akan berkembang pada tahun-tahun  mendatang seiring dengan baiknya harga batubara. Explorasi mineral bijih besi telah dilakukan di Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Balangan dan akan mulai dieksploitasi saat kondisinya memungkinkan. Masih banyak jenis mineral lainnya seperti : intan, emas, marmer, lempung, serpentinit dll yang terbuka bagi eksploitasi. Produk turunan dari mineral tersebut akan memberikan nilai tambah ekonomi dibanding memasarkan langsung mineral tersebut.
 
 
Sektor Pariwisata
 
Propinsi Kalimantan Selatan Ibukotanya Kota Banjarmasin dan wilayah ini banyak dilalui sungai besar dan sungai kecil (kanal). Banyak sekali kegiatan masyarakat yang dilakukan di sungai termasuk kegiatan perdagangan yang dikenal dengan pasar terapung. Penduduk kota Banjarmasin masih banyak yang tinggal di atas air. Rumah-rumah penduduk dibangun diatas tiang atau diatas rakit dipinggir sungai. 
Budaya sungai terus berkembang, memberikan corak budaya tersendiri dan menarik. Salah satu kegiatan wisata paling menarik di kota Banjarmasin adalah berjalan-jalan menyusuri sungai dan kanal. Daerah pinggiran kota pemandangan alam sungainya masih asli dan wisatawan dapat menyusuri sepanjang sungai Martapura dan sungai Barito dengan menggunakan perahu Klotok dan Speedboat. Pusat Kota Banjarmasin terletak di sepanjang jalan Pasar Baru, sementara kawasan perkantoran khususnya Bank terdapat di jalan Lambung Mangkurat. Sungai Barito berada di sebelah Baratnya dari pusat kota.
Sebagian besar kegiatan masyarakat di Banjarmasin terjadi sungai atau disekitar sungai. Oleh karena itu sangatlah menarik menyaksikan kehidupan Kota dari tengah sungai. Wisatawan dapat menyewakan perahu motor yang mangkal di tepi sungai dengan tarif sekitar Rp. 75.000 per jam guna memulai perjalanan menyusuri sungai melewati sejumlah lokasi penarikan dengan waktu tempuh dua hingga tiga jam.
Perjalanan di mulai dengan melewati Mesjid Raya Sabilal Muhtadin menuju kepasar kuin dimana air sungai Kuin mengalir menuju sungai Barito. Wisatawan dapat juga singgah di Pulau Kembang dan kemudian melanjutkan perjalanan melalui penggergajian kayu di sungai Alalak dan kembali ke Pusat Kota melalui Sungai Andai.
Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak dulu dan merupakan refleksi budaya sungai orang Banjar. Pasar yang khas lagi unik ini tempat melakukan transaksi di atas air dengan menggunakan perahu besar maupun kecil yang berdatangan dari berbagai pelosok. Pasar Terapung hanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 05.00 hingga 09.00 setiap hari. Dan dengan perahu Klotok dari Kota Banjarmasin dapat dicapai sekitar 30 menit.
Wisatawan harus datang pagi-pagi untuk dapat melihat kesibukan Pasar Terapung ini. Salah satu Pasar Terapung di Banjarmasin adalah Pasar Kuin yang terletak di persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Barito.
 
Daya Tarik Radio :
 
Keberadaan Radio di Kalimantan Selatan ternyata mampu memberikan kontribusi positif bagi akselerasi pembangunan daerah. Dengan fungsinya yang mengemban tugas di bidang komunikasi dan informasi sekaligus sebagai media hiburan masyarakat.
   
  
No.
Kabupaten/Kota
Ibu kota
1
Kabupaten Balangan  
   Paringin
2
Kabupaten Banjar
   Martapura
3
Kabupaten Barito Kuala
   Marabahan
4
Kabupaten Hulu Sungai Selatan
   Kandangan
5
Kabupaten Hulu Sungai Tengah
   Barabai
6
Kabupaten Hulu Sungai Utara
   Amuntai
7
Kabupaten Kotabaru   
   Kotabaru
8
Kabupaten Tabalong
   Tanjung
9
Kabupaten Tanah Bumbu
   Batulicin
10
Kabupaten Tanah Laut
   Pelaihari
11
Kabupaten Tapin
   Rantau
12
Kota Banjarbaru
       -
13
Kota Banjarmasin
       -

 

Dibaca : 2517
Copyright © 2017 by Radio Nirwana Group
Office : Jl. Kolonel Sugiono No.72 Lantai 4, Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70241
Telp +62.511.3270.895 Fax +62.511.3270.458